Dapo Dikdasmen

Pendataan Verval GTK 2016

Jumat, 29 Januari 2016

Tarik PTK/Mutasi PTK Online Pada Aplikasi Dapodikdas 2016

Tarik PTK/Mutasi PTK Online Pada Aplikasi Dapodikdas 2016 - Selamat datang semuanya...Pada kesempatan ini untuk mengisi postingan infotutorial kali ini saya akan memberikan cara yang terbaru dari dapodikdas. Sehubungan dengan telah di keluarkannya aplikasi adapodikdas 4.11 ini memberikan beberapa hal yang harus di lakukan oleh Operator sekolah untuk melakukan pendataan dapodik secara online, Yaitu menarik siswa yang mutasi dari sekolah induk.

Maka Pada kesempatan yang baik ini saya akan memberikan secara sederhana cara menarik siswa mutasi secara online. Walapun cara ini sudah banyak yang mengatakan secara teori susah dalam prakteknya untuk menarik siswa mutasi dari sekolah induk.

Tarik PTK/Mutasi PTK Online Pada Aplikasi Dapodikdas 2016 - Pada semester 2 tahun pelajaran 2015/2016 ini sudah terjadi 2 kali pembaruan aplikasi Dapodikdas, yaitu aplikasi Dapodikdas versi 4.0.0 kemudian diperbaharui kembali dengan versi 4.1.1. Pembaruan ini dilakukan karena pada versi 4.0.0 ternyata masih terdapat beberapa bug. Nah pada aplikasi dapodik versi 4.1.0 atau 4.1.1 ini terdapat fiture baru, yaitu ketika menambahkan PTK baru (PTK pindahan) harus secara online.

Tarik PTK/Mutasi PTK Online Pada Aplikasi Dapodikdas 2016, berikut:
1. Buka halaman http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/usr/in/ops , login menggunakan email & password Dapodik. Klik menu Tarik PTK.

2. Maka akan muncul Form Sekolah Asal dan Sekolah Tujuan. Isi Form Sekolah Asal PTK seperti Provinsi, Kab/Kota, Kecamatan, dan Sekolah.


3. Selanjutnya jangna lupa untuk mengentry NUPTK pada form di bawahnya. dari gambar yang telah di tunjukan oleh nomor 2. Isi nomor NUPTK/Nama PTK Kemudian klik cari PTK. Jika nama sudah muncul Klik tanda Panah Biru untuk melanjutkan proses mutasi.

4. Terakhir klik tombol Konfirmasi Proses Mutasi

Selanjutnya tunggu proses dari Pusat kurang lebih 1x24 jam sehingga data PTK akan muncul dalam Aplikasi Dapodik Sekolah Tujuan (aplikasi kita). Jika data sudah masuk ke aplikasi dapodik kita, silahkan isi bagian penugasan dan juga pembelajaran. Perlu diperhatikan juga jika PTK berstatus Mengampu, maka di penugasan status induknya tidak dicentang. Demikian bagaimana Tarik PTK/Mutasi PTK Online Pada Aplikasi Dapodikdas 2016, semoga 

Dapo Dikdasmen - Blog ini adalah informasi mengenai pendataan info GTK di laman berbagai macam isi mengenai pendataan guru, operator, dan lainnya.

Back To Top